MAHAR PERNIKAHAN TERMAHAL DI INDONESIA DIPEGANG OLEH BUGIS ???

Nah bicara mengenai pernikahan dan tradisi pernikahan, setiap daerah tidak bisa lepas dari tradisi dan kebudayaanya, ini karena tradisi tersebut sudah melekat pada masyarakatnya. Bahkan tradisi seperti ini menjadi kebanggaan dan kekayaan yang harus tetap dijaga agar tidak hilang karena perkembangan zaman saat ini.

Ada keragaman dalam tradisi pernikahan di seluruh Nusantara, contohnya saja dalam hal seberapa besar uang atau mahar yang harus Anda keluarkan untuk mempersunting seorang wanita. Terdapat daerah yang tidak mematok jumlahnya, tapi ada juga yang menetapkan jumlah yang sangat mahal. Bahkan lebih dari Rp. 100 juta rupiah, penasaran daerah mana saja? Berikut ini ulasannya.


1. Bugis
Jika ingin menikahi gadis Bugis, maka Anda harus siap-siap tercengang dengan jumlah mahar yang harus diberikan kepada calon istri. Masyarakat Bugis mematok mahar sesuai dengan tingkatan derajatnya hingga tingkat pendidikannya. Semakin tinggi pendidikannya, maka semakin mahal pula maharnya.

Misalnya saja untuk seorang gadis yang telah menyelasaikan pendidikan S1, patokan maharnya seharga lebih dari Rp 50.000.000. Lalu bagaimana dengan lulusan S2? Tentu saja harganya akan lebih mahal, bisa mencapai Rp. 75.000.000 - Rp.100.000.000,-. Jumlah yang cukup fantatstis bukan?


2. Nias
Mahar pernikahan di Nias dikenal dengan sebutan Bowo. Bowo ini malah menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin melangsungkan pernikahan di Pulau Nias. Bagaimana tidak, bagi masyarakat suku Nias yang kebanyakan sebagai seorang petani, akan terasa cukup berat apabila harus memenuhi mahar pernikahan yang cukup mahal.

Bowo diukur dengan hewan babi yang bisa mencapai 25 ekor, sedangkan satu ekor harganya bisa mencapai 1 juta rupiah. Jadi paling tidak harus menyiapkan dana sebesar 25.000.000 untuk menikah di tempat ini.

Comments

Popular posts from this blog

Full Movie HD (720) Subtitle Indonesia Now You See Mee

Full Movie HD (720) Subtitle Indonesia THE MERMAID - PUTRI DUYUNG

Heboh Makanan Khusus Baby Sitter di Restoran, Adik Raffi Ahmad: Daripada Disuruh Makan di Luar